Searching...
Friday, April 18, 2014

Terdapat Bahasa Jawa Cok dan Mbacot di Facebook

Terdapat Bahasa Jawa Cok dan Mbacot di Facebook.  Icon Facebook
Facebook, zaman sekarang siapa yang tidak kenal Facebook? Dari anak kecil sampai tua hampir semuanya mempunyai akun Facebook.  Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin membahas mengenai Bahasa Jawa pada Facebook.  Sudah lama Bahasa Jawa bisa digunakan sebagai bahasa di Facebook.  Bagi yang belum mengetahui Bahasa Jawa Facebook silahkan cari artikel mengenai itu di mesin pencari.  Bukan hanya Bahasa Jawa yang sudah mendukung Facebook, Bahasa Sunda juga sudah bisa mendukung Facebook.  Kedua bahasa tersebut sangat erat kaitannya dengan Indonesia. Orang Indonesia mana yang tidak tahu Jawa? Di Jawa sendiri ada dua bahasa yang mendukung Facebook, Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Penulis tidak tahu menahu maksud dari Facebook mengambil keputusan Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda bisa digunakan di Facebook. Mungkin selain urusan pemasaran ada hal lainnya juga.

Mengenai Bahasa Jawa di Facebook, sudah lama penulis menggunakan Bahasa Jawa untuk Facebook.
Namun sangat disayangkan Facebook merubah beberapa kosa kata Bahasa Jawa di Facebook, kosa kata yang penulis maksud adalah merubah beberapa kata Bahasa Jawa menjadi buruk bila kita tahu arti kata tersebut.
Kosa kata yang penulis temui dalam kasus ini ada dua.
1.  Cok.
Cok bermakna umpatan dalam Bahasa Jawa yang biasa digunakan untuk berbahasa kotor atau tidak sopan.

Sebagai bukti, perhatikan gambar di bawah ini.

Terdapat Bahasa Jawa Cok di Facebook Bahasa Jawa.  Facebook Bahasa Jawa
Kata Cok terdapat di Facebook yang menggunakan Bahasa Jawa berada di pojok kanan atas sebagai Urutan Timeline dan terdapat saat kita ingin membagikan status orang lain.  Fitur ini dalam Bahasa Inggris bernama Share.

2.  Mbacot.
Mbacot adalah kata yang kasar atau tidak sopan yang biasanya digunakan saat emosi atau menghina.  Dalam Bahasa Indonesia Mbacot artinya Berbica/Ngomong.

Sebagai bukti, perhatikan gambar di bawah ini.

Terdapat Bahasa Jawa Mbacot di Facebook
Kata Mbacot  terdapat di Facebook yang mengunakan Bahasa Jawa saat orang lain berbicara di status yang terdahulu.

Sampai posting ini diterbitkan oleh TalkToWrite (18/4/14) kosa kata tersebut belum berubah.
Saya coba berprasangka baik kepada Facebook atau Pengembang, saya berpikir ini hanya salah pengertian saja atau mungkin pihak Facebook tidak mengetahui asli/makna dari kata tersebut.
Semoga dengan adanya Celoteh ini pihak Facebook atau Pengembang segera memperbaiki kosa kata yang kurang tepat tersebut.

Akhir kata, tetap berpikir positif dan katakan Talk Untuk Write

Sebarkan kepada orang lain jika artikel ini (Terdapat Bahasa Jawa Cok dan Mbacot di Facebook) bermanfaat untuk orang lain.  Dari dirimu untuk orang lain, mari saling berpegang tangan.

Post a Comment