Searching...
Tuesday, August 27, 2013

Profil STMIK Amikom Yogyakarta

Sekolah Tinggi Manajemen Informasi dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (STMIK Amikom Yogyakarta) didirikan oleh Mohammad Suyanto dan Purdi E. Chandra pada 29 Desember 1992 yang beralamat di Jl. Wolter Monginsidi 8 Yogyakarta (Kampus I).
Dengan bertambahnya mahasiswa dan telah mendapat status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tanggal 11 Oktober 1994, akhirnya dibangun kembali kampus STMIK Amikom Yogyakarta di Jl. Kaliurang Km 5,6 Yogyakarta (Kampus II).
Pada tahun 1998 mahasiswa yang terdaftar mencapai hampir 800 orang dan ini tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan kampus yang telah ada, akhirnya sejak tahun akademik 1998/1999 Amikom menyewa bangunan ruko yang beralamatkan di Ring road Utara, Condong Catur untuk diubah menjadi kampus terpadu yang terdiri dari 9 ruang kuliah, 1 ruang pelayanan akademik, 1 ruang perpustakaan. Dari gedung 2 lantai ini semua pelayanan akademik telah dipindahkan di kampus terpadu ini kecuali pelayanan, beberapa lab komputer dan internet yang masih terdapat di Kampus II Jl. Kaliurang Km 5,6 Yogyakarta.
Dengan kepercayaan calon mahasiswa dan orang tua terhadap Amikom membuat ruang dan lahan yang dimiliki kurang mencukupi, akhirnya Amikom  membeli tanah dan membangun gedung milik sendiri di lokasi tepat di samping gedung kampus terpadu (Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta). Bangunan yang terdiri dari 3 lantai ini mulai aktif digunakan untuk perkuliahan, pusat administrasi, dan laboratorium pada tahun akademik 2001/2002.
Pada tahun 2004 pembangunan gedung Unit III, 2007 dibangun gedung unit IV, 2010 dibangun gedung Unit V, 2012 dibangun gedung Amikom Student Center dan pada tahun 2013 ini sedang dibangun gedung unit VI.

Amikom memiliki jenjang pendidikan dan Program Studi yang antara lain:
1. Diploma
    a. Teknik Informatika
    b. Management Informatika
2. Strata-1
    a. Teknik Infomatika
    b. Sistem Informasi
3. Strata-2
    a. Magister Teknik Informatika (MTI)

Dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi informasi dari tahun ke tahun Amikom pun unjuk gigi dengan mendapatkan 14 prestasi dunia dan tidak tanggung-tanggung, sejauh ini Amikom telah menyabet 14 prestasi dunia yang antara lain:

1. 1 Urbanimation International Award: Nominated Animation Film
2. 1 Finalist representing Indonesia for ASEAN Song Festival in Bangkok
3. 1 The Winner of Techscape Anniversary Web Contest
4. 1 The Winner of the Oto Web Contest
5. 1 Nominees in International ICT Innovation Service (InnoServe) Contest
6. 1 ASEAN Development Citra Award: Entrepreneurship
7. 2 APEC Digital Opportunity Center (ADOC) Award: The Best e-Practices
8. 6 Nominees in Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA)

Bukan hanya mendapatkan 14 prestasi dunia namun juga dijadikan contoh oleh UNESCO sebagai Private Entrepreneurial Model University.

Memang sudah tidak diragunakan lagi untuk menimba ilmu di STMIK Amikom Yogyakarta.
STMIK Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi" Unggul Dalam Tren Teknologi Informasi.
Post a Comment