Searching...
Saturday, January 3, 2015

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Oy bray, kali ini gue ingin membuat post tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan baik dan benar.  Kebanyakan orang yang tidak sekolah di SMK Perkantoran atau selama sekolah tidak pernah diajari membuat surat lamaran kerja akan membuat surat lamaran pekerjaan dengan format standar bray.  Gue beberapa kali menemukan format lamaran pekerjaan orang lain dan ntu miris bray, secara gue adalah alumnus SMK Perkantoran bray, jadi tahu seluk beluk dari kebenaran format dan isi surat lamaran pekerjaan bray.  Gue sekolah 3 tahun dan setiap hari membuat surat mengetahui surat yang seharusnya salah tapi tetap digunakan oleh orang lain ntu mata gue kagak enak lihatnya bray, nyeri otot mata gitu bray.

Nah untungnya elu masuk di blog gue mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bray jadi elu bisa kagak usah khawatir kalau surat lamaran kerja yang akan elu buat nantinya salah bray, gue berani menjamin dah ntu bray.  Selain nanti kita akan membedah seluk beluk format kita juga akan membedah isi dari surat lamaran tersebut bray.  Okray, lets see...

Sebelum elu mulai membaca post gue mengenai Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ini terlebih dahulu elu harus baca doa bray. Percayalah bray, It's work.


1.  Format Surat Lamaran Kerja
  • Paper Format

Gunakan atau pilih kertas A4 bray.

Kebanyakan dalam setting default MS. Office ntu Letter bray. Jika elu adalah pengamat kertas dalam lingkup foto copy atau rental komputer, elu kagak pernah menemukan kertas dengan ukuran Letter bray.  Jadi pastikan dalam setting ini elu memilih kertas A4 bray.  Muncul pertanyaan, kenapa kok kagak menggunakan kertas ukuran Legal/Folio? Karena surat lamaran ntu lebih tepat sesuai dengan standard menggunakan ukuran kertas A4 bray. Jika kagak puas ama jawaban gue, elu kagak boleh protes bray!


  • Paragraph

Atur paragraph dalam setting Spacing After & Bellow adalah 0 bray. Jangan 10 atau 7 bray.  Pastikan elu mengatur ini bray, karena spacing ini juga salah satu kecantikan surat bray.
Lalu tetapkan jarak baris adalah 1,5 cm bray.

Page setup (Margins)
Top     :  4 Cm
Right   :  3 Cm
Left     :  4 Cm
Button :  3 Cm

Dalam pengaturan margins ini harus benar bray, jangan asal-asalan karena keindahan surat khususnya surat lamaran pekerjaan ntu salah satunya berada di margins bray. Jadi jika format surat lamaran pekerjaan kagak macam ntu marginsnya bray, jangan salah jika elu susah diterima di perusahaan besar.


  • Jenis dan ukuran font

Gunakan jenis font adalah Times New Roman dengan ukuran 12 bray.

Kenapa kok harus Times New Roman dengan ukuran 12? Karena ntu sudah pakem atau standarnya bray. Standar pembuatan semua surat baik itu surat lamaran pekerjaan atau surat peringatan atau surat-surat segala surat ntu menggunakan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12 bray.  Jadi jika elu selama ini membuat surat bukan dengan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12 berarti surat buatan elu ntu belum masuk dalam standar pembuatan surat bray.


  • Pengaturan Penulisan

Pilih Justified bray, jangan pilih selain ntu bray.

Kenapa kok harus Justified? Kembali lagi ke keindahan dan standar pembuatan surat bray.  Semua surat standarnya harus Justified bray. Jika jawaban gue kagak memuaskan elu, berarti gue bukanlah alat pemuas elu bray.


2.  Isi Surat Lamaran Kerja

Setelah semua diatur sedemikian rupa dengan mengikuti aturan dan standar pembuatan surat, kini kita melangkah ke tahap selanjutnya bray, yaitu menulis surat bray.

Dalam sumua surat, ntu dibagi menjadi banyak bagian bray. Gue akan kasih tahu elu 3 bagian saja, karena 3 bagian yang akan gue kasih tahu ke elu ntu pokok dari semua surat bray.  3 bagian surat ntu ada Header (kepala surat), body (badan/isi surat), footer (kaki surat). Perhatikan betul-betul bray, jangan ada yang tidur karena tulisan gue ini bukan alat untuk membuat elu tidur bray.


  • Kepala Surat (Header)

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Kepala surat terdiri atas Tanggal Surat, Alamat Dalam, Lampiran, Perihal. Umunya keempat elemen tersebut ada bray, namun kita bisa hanya menggunakan Tanggal Surat, Alamat Dalam, Perihal tanpa mengikutkan lampiran jika memang elu kagak melampirkan apapun bray.
Secara umum tampilannya seperti itu bray dan juga itu sudah termasuk kestandar pembuatan surat lamaran kerja bray.


  • Isi Surat (Body)

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Nah di dalam body inilah elu akan mengeluarkan semua kata-kata elu sehingga elu bisa mengambil hati dari pembaca surat lamaran kerja elu bray.  Dalam body surat secara umum ada 3 bagian bray.  Etdah kok lama-lama gue macem belajar Bahasa Pemrograman bray.  Jika elu pernah dengar dosen elu bilang "Dalam tabel ada tabel" berarti elu mahasiswa yang baik dalam mata kuliah Bahasa Pemrograman bray. Oke come back to the topic bray.  3 bagian dalam body surat adalah Kalimat pembuka, Inti surat dan kalimat penutup.  Jika elu adalah murid juara kelas dengan nilai Bahasa Indonesia paling tinggi berarti elu kagak kesulitan untuk merangkai kalimat surat bray.  Logika elu harus benar-benar main dalam tahap ini bray.  Gue dulu paling pusing dalam urusan melogikakan kalimat surat bray. Tapi sekarang gue udah jenius bray.  Nah kita mulai dari kalimat pembuka bray.

Kalimat pembuka
Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan ntu harus jelas bray. Apa maksud elu ngirim surat ntu sudah ada dimari bray. Jadi elu kagak usah basa basi dimari bray.  Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan kurang lebihnya macem ini bray.

"Berdasarkan informasi dari media online (http://olx.co.id) mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan guna mengisi posisi sebagai operator warnet."
Nah elu kagak boleh asal dalam pembuatan isi surat bray, kalimat elu harus logis dan benar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bray. Coba elu cerna baik-baik kalimat tersebut bray, lalu elu bandingkan ama surat lamaran kerja tetangga sebelah bray.  Jangan lihat apa yang ditulis tapi lihatlah kelogisan dan kebenarannya bray.

Kalimat Inti
Dalam kalimat inti surat ini elu harus makin agresif bray, elu kagak boleh bertele-tele bray. Elu harus terus terang.  Jangan coba-coba untuk menuliskan curhatan derita elu yang susah mendapatkan pekerjaan bray.
Kalimat inti surat lamaran kerja salah satunya macem ini bray: Contoh aja!
 "Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Yusuf Dwi Putra 
Tempat/Tanggal Lahir: Bantul, 15 Oktober 1993
Jenis kelamin             : Pria 
Pendidikan                : 
1. SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta (2010-2013) 
2. STMIK Amikom Yogyakarta (2013-Sekarang) 
Alamat                     : Onggopatran RT 02 RW 22, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 
Nomor Telepon       : +628967201XXXX 
Untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu Pimpinan di waktu yang akan datang, berikut saya lampirkan kelengkapan persyaratan (menyusul):
1. Foto copy KTM;2. Foto Copy Ijazah Terakhir;3. Foto Copy Sertifikat Praktik Industri;4. Foto Copy Sertifikat Kompetensi."

Nah macem ntu kurang lebih isinya bray. Padat singkat dan tepat bray.  Usahakan isi dari kalimat inti ini semenarik mungkin bray.  Seluruh tulisan elu dalam surat lamaran kerja dipertaruhkan dalam bagian ini bray, jadi jangan gegabah.

Kalimat Penutup
Dalam kalimat surat penutup, elu harus menulis sebaik mungkin ibarat elu ingin pamitan dari rumah orang bray.  Jangan menuliskan ancaman ataupun pujian bray! Ini sangat berbahaya.  Dalam kalimat penutup surat lamaran kerja ini juga elu bisa dinilai bray, jadi hati-hatilah dalam menuliskan kalimat penutup. Etdah, ngeri amir dalam tahap ini bray.  Macem ini bray kalimat penutupnya:
"Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian serta kebijakan Bapak/Ibu Pimpinan saya ucapkan terima kasih."
Singkat padat dan jelas bray.  Ingat, buanyak sekali orang terjebak dimari bray. Jika perusahaan yang elu kirimi surat lamaran kerja adalah perusahaan yang ketat dalam segala hal termasuk pembuatan surat, maka elu tepat masuk di blog dan membaca post gue ini bray. Gue akan mengungkap kesalah orang buanyak dalam pembuatan segala surat termasuk surat lamaran kerja bray.  Coba elu baca kalimat penutup surat lamaran kerja tersebut dan elu bandingkan sama surat-surat yang ditawarkan tetangga bray.  Elu akan menemukan perbedaan jika elu adalah insinyur Bahasa Indonesia bray.  Jika elu belum menemukan yang berbeda dari kalimat penutup gue tersebut dengan kalimat penutup surat lamaran kerja tetangga, berarti elu harus kembali lagi ke STLA atau sekolah di SMK Perkantoran bray. Gue kasih tahu ke elu dan akan gue bedah untuk elu juga.  Perhatikan kalimat "Atas perhatian serta kebijakan Bapak/Ibu Pimpinan saya ucapkan terima kasih". Gue persempit lagi "...perhatian". Naaaahh... Sekarang elu kembali buka surat lamaran tetangga dan cari kata "perhatian" pasti elu akan menemukan kata tersebut menjadi seperti ini "perhatiannya".  Kenapa gue mengurusi satu kalimat ntu bray? Ya karena buanyak orang salah dalam hal tersebut bray. Dalam surat menyurat tidak akan pernah ada ORANG/PIHAK KETIGA bray.  Dan tentu saja "-NYA" ntu orang/pihak ketiga bray.  Kenapa kok kagak boleh? Lha elu daritadi ngomong sama siapa di surat tersebut? Yang ada ntu cuma ELU dan PEMBACA SURAT (Pimpinan perusahaan) kagak ada OB dan Satpam bray.  Elu (Pihak pertama) pimpinan perusahaan (Pihak kedua) dan "NYA" adalah penyebutan untuk PIHAK KETIGA.  Kita kembali lagi belajar Bahasa Indonesia bray mengenai pihak pertama, kedua dan ketiga dah bray.  Jadi intinya mulai dari sekarang setelah elu tahu ini, maka ubah dan jangan pernah ulangi lagi muliskan pihak ketiga dalam surat berupa "nya" bray.  Gunakan Saudara, Saudari, Bapak, Ibu.  Langsung keorang yang elu ajak ngomong disurat tersebut bray.  Sekarang baca sekali lagi kalimat penutup surat lamaran kerja gue di atas bray.



  • Kaki Surat
Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Kaki surat adalah tulisan penanggung jawab dari surat tersebut bray.  Dalam surat lamaran kerja yang kita buat ini dalam kaki surat hanya ada kata Hormat Saya dan Nama Pembuat surat bray.  Jika selain surat lamaran kerja maka akan ada tambahan lagi bray.  Oke, kita sudah sampai dalam taham terakhir ternyata. Pastikan elu menggunakan fungsi tombol tab di keyboard komputer elu bray.  Jangan menggunakan space bray karena hasilnya sangat sulit disejajarkan antara atas dan bawah.  Gunakan 3 kali enter antara Hormat saya, dengan nama pembuat surat dengan jarak baris 1 cm bray.  Paham ga lu bray? Kalau elu kagak paham silahkan elu tulis pertanyaan kolom komentar post ini bray.

Nah macem ini bray, surat lamaran kerja yang berhasil kita buat bray.

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Contoh surat lamaran kerja buatan gue bray

Terlihat sederhana, simple dan pastinya sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh organisasi sekretaris dunia bray.  Jika elu menganggap post gue mengenai Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ini keren, elu boleh dan share pada teman-teman elu yang senasib bray.
Jika elu keselitan atau membutuhkan surat-surat lain untuk kita bahas lagi silahkan elu berkomentar di kolom komentar post ini bray.  Gue bolehkan elu untuk request bray.

Cukup ntu aja bray yang dapat gue sumbangkan untuk masa depan elu bray. Yo bay.

0 comments:

Post a Comment