Searching...
Saturday, March 28, 2015

Cara Submit Blog ke Alexa Rank

Tutorial: Cara Submit Blog ke Alexa Rank

Oy bray, gue post lagi nih. Pada post kali ini gue akan membuat sebuah bacotan Information Technology alias (IT) bray. Ya seperti pada judul bray, mungkin bagi para blogger kelas berat udah pada bisa dan mengganggap post gue ini biasa aja bray. Oleh sebab itulah gue hadir biar post gue ga biasa aja bray.

Alexa.com anak perusahaan dari Amazon.com adalah salah satu rival dari mesin pencari raksaksa Google.com. Jika Alexa mempunyai layanan Alexa Rank untuk melihat posisi website maka Google mempunyai Google Page Rank dengan fungsi ya sama bray. Namun bukan lantas kedua penyedia jasa Optimasi Mesin Pencari (SEO) tersebut berhadap-hadapan bray. Dalam arti jika elu menggunakan Alexa Rank, elu juga diperbolehkan menggunakan Google Page Rank untuk melakukan SEO terhadap website atau blog elu bray. Oleh sebab itu gunakanlah kedua fasilitas tersebut sebaik mungkin bray.

Fungsi daripada Alexa adalah untuk mengetahui rank atau peringkat dari sebuah web baik secara internasional ataupun regional bray. Selain itu juga elu bisa menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Alexa untuk elu bisa mengetahui apa yang harus elu lakukan ketika diberikan sebuah informasi dari Alexa untuk blog elu bray. Menurut para pakar SEO nih bray, sebuah website atau blog harus mempunyai sebuah widget atau setidaknya website atau blog tersebut dimasukkan ke dalam Alexa bray. Jika Alexa punya Widget yang bisa dipasang di blog dengan nama Wideget Alexa Rank, maka Google juga punya Widget yang bisa dipasang di blog pula bray, namanya Widget Google Page Rank. Elu bisa memang kedua widget tersebut dengan mudah di blog elu. Cari di mesin pencari dengan keyword Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog dan Cara Memasang Widget Google Page Rank di Blog bray.

Gue ga tahu kenapa Alexa terutama Alexa Rank sangat berpengaruh untuk sebuah website, mungkin untuk mengetahui kesehatan atau strategi dalam menjaga sekaligus menaikkan pamor daripada website tersebut di Search Engine macem Bing atau Google bray. Jadi semakin rendah atau semakin kecil peringkat Alexa Rank maka semakin baik pula SEO-nya bray. Ah udahlah... Kita iyain aja bray.

Untuk bisa menikmati fasilitas kelas Pertamax Premium pada Alexa, elu harus merogoh kocek yang cukup dalam bagi elu yang finansialnya mengkhawatirkan bray. Tapi tunggu dulu bray, jangan lantas elu bunuh diri karena mengetahui bahwa Alexa tidak gratis alias berbayar. Begini bray, elu masih bisa menggunakan Alexa untuk menunjang kinerja dari blog elu secara gratis bray.

Kembali mengarah ke koordinat judul post ini bray, cara submit blog ke Alexa.com cukup mudah dan masih gratis bray. *Berdoa saja selamanya masih ada bagian yang gratis bray*. Nah langsung aja elu menuju markas si Alexa bray. Jangan lupa elu mandi dulu biar ganteng macem gue bray. Jika elu belum mempunyai akun Alexa, buruan dah elu daftar bray. Bisa langsung Sign up menggunakan Facebook.

Setelah itu elu bisa melihat tutorial yang gue sajikan menggunakan gambar atau screenshot yang langsung gue ambil dari Alexa.com bray. Ikuti langkah demi langkah agar semua berjalan dengan lancar bray. Oke, kita mulai dari nol bray...

1.  Buka website Alexa.com dan langsung log in bagi elu yang udah punya akunnya atau jika elu belum punya akun Alexa, sig up atau daftar dulu bray. Selesaikan segala urusan daftar mendaftar baru elu bisa lanjut ke nomor dua bray.

2.  Setelah elu masuk, perhatikan pada menu website tersebut, lihat amati dan sesekali berdoalah agar urusan submit blog ke Alexa segera terselesaikan dengan cepat dan benar bray. Cari menu My Dashboard lalu klik pada icon Add My Site untuk menambahkan website/blog elu di Alexa.com bray. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Klik Add My Site bray

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Isi URL blog elu bray

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Scroll ke bawah dan temukan kata Claim a Site bray

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Masukkan URL blog elu lagi bray

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Pilih metode nomor dua bray dan scroll ke bawah

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Lihat amati lalu copy meta content alexa
Untuk script html Meta Content Alexa sesuaikan dengan susunan html di template elu bray. Karena gue tadi coba langsung paste dan mengalami kendala maka gue sesuaikan. Jadi seperti ini scrpt html Alexa gue bray.

<meta content='4MZsF02keIY08pqx2ehN_i29BAg' name='alexaVerifyID'/>

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Masuk ke Template lalu Edit Template

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Masukkan Meta Content Alexa

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Balik lagi ke Alexa.com lalu klik Verify my ID

Cara Daftar Verifikasi Claim blog di Alexa Rank
Tampilan Alexa Rank di Dashboard Alexa.com

Selesai bray! Nah cukup mudah bukan bray? Elu tinggal klak klik klak klik udah SEO aja blog elu bray. Haha...

Selain mendaftarkan atau submit URL blog elu di Alexa, alangkah baiknya elu juga memasang Alexa Add-Ons  browser elu bray, karena Add-Ons yang elu pasang di browser akan membantu menghitung setiap kunjungan di blog yang elu kunjungin bray. Klik link berikut untuk Install Alexa Rank Toolbar di Mozilla Firefox

Jika elu mengalami kesulitan, elu boleh dah bertanya di komentar bray. Jika elu merasa terbantu buruan dah elu komen juga bray. Udah gitu aja bray. Yo bay.
Post a Comment