Searching...
Wednesday, February 25, 2015

Cara Membuat Label Di Blog

Cara membuat label di blogspot dengan mudah
Lebel yang terletak pada header di blog
Oy bray, karena ada beberapa orang yang belum tahu dan bisa cara membuat label di blog maka dengan post ini gue mau membahasnya bray. Gue akan beri tahu ke elu yang belum tahu cara membuat label di blog bray. Cara yang akan gue gunakan adalah blog yang menggunakan platform blogspot ya bray. Gue kagak tahu kalau mengenai di luar platform blogspot sama atau tidak.

Untuk membuat sebuah label, ada dua cara bray. Yang pertama adalah, jika elu udah mempunya post tapi belum membuat label dan yang kedua adalah jika elu ingin membuat label terlebih dahulu baru post bray. Semuanya akan gue bahas tuntuas di blog keren gue ini bray.
Tanpa banyak bacot langsung aja gue bahas bray. Pertama elu harus login terlebih dahulu di blogspot (www.blogger.com) bray. Setelah elu masuk langsung saja pilih daftar isi bray.

Cara Pertama (Jika elu udah punya post dan tinggal melabeli saja)

Pilih menu Post bray. Lalu pilih salah satu post yang ingin elu labelin bray. Macem gambar gue di bawah ini bray.
Cara membuat label di blogspot dengan mudah

Elu bisa lihat ntu bray. Gue pilih Pos lalu klik memilih salah satu posting gue dengan mencengtangnya. Sebenarnya elu bisa memilih langsung beberapa posting untuk dilabeli dengan label yang sama bray. Karena gue cuma ingin berbagi ilmu saja maka gue hanya mencontohkan salah satu posting saja bray.

Jika elu udah pilih posting mana yang ingin elu beri label, maka selanjutnya elu harus klik icon label untuk memulai membuat label dan sekaligus melabeli posting yang telah elu pilih bray. Perhatikan gambar gue di bawah ini bray.
Cara membuat label di blogspot dengan mudah

Macem ntu bray. Setelah ntu elu harus klik label baru untuk memulai membuat label bray. Nanti akan keluar sebuah pop-up untuk elu menuliskan sebuah nama label bray. Perhatikan gambar di bawah ini bray.

Cara membuat label di blogspot dengan mudah
Terserah elu mau memberi nama label apa saja bray. Tidak harus satu suku kata bray. Elu bisa membuat label dengan dua atau lebih suku kata bray. Jika elu sudah menentukan nama label, elu bisa klik oke bray. Maka seketika posting yang elu pilih akan tertempel sebuah label yang baru saja elu buat bray. Macem gambar gue di bawah ini bray.

Cara membuat label di blogspot dengan mudah

Jika apa yang elu buat sama seperti gambar gue di atas, maka elu berhasil membuat sebuah label bray. Untuk selanjutnya jika elu belum mempunya sebuah menu dan sub menu untuk menempatkan label elu, maka elu harus membaca dan mempraktikkan langkah kedua ini bray.

Cara kedua

Cara kedua ini elu harus mau gue ajak mengarungi sebuah script html bray. Elu ga usah takut selama gue masih ada bray, akan gue ajak elu pusing-pusing bersama jika apa yang akan kita lakukan nanti salah atau gagal bray. Cekibray caranya bray...

Pindahkan area kerja elu dari Post ke Template bray. Macem gambar gue di bawah ini bray.
Sebelum elu melakukan misi ini, elu harus mencadangkan atau beck up template dulu bray. Hal ini dilakukan supaya jika terjadi kesalahan atau kegagalan fatal yang membuat kita pusing dan menyerah, kita bisa langsung bertindak dengan mengunggah atau upload kembali template yang telah kita download atau unduh tadi bray. Caranya lihat di bawah ini bray.
Cara mencadangkan atau back up template
Cara membuat label di blogspot dengan mudah
 
Lihat gambar di atas, pilih Cadangkan/Pulihkan untuk download/unduh atau upload/unggah template bray.
Okray, setelah elu telah melakukan back up, elu harus buru-buru ke Edit HTML bray. Klik Edit HTML dan cari kode script macem ini bray.
<li class='mhome'><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></li>
Jika elu kagak menemukan script macem ntu, elu harus mencari sendiri dengan menyisir bagian header bray. Jika script template kita sama maka insya Allah akan cepat ketemu bray. Copy ntu script dan Ctrl + F lalu paste di halaman Edit HTML elu bray.

Perhatikan gambar gue di bawah ini bray. Gue berhasil menemukan script yang kita butuhkan untuk menempelkan sebuah label bray.

Cara membuat label di blogspot dengan mudah
 
Untuk selanjutnya, elu akan banyak menemukan sebuah label-label yang siap untuk elu ubah dan diganti dengan label yang telah elu buah bray. Perhatikan betul-betul gambar gue di atas bray.  Untuk membuat sebuah script html yang akan ditempatkan sebuah label yang mempunyai lebih dari satu suku kata, maka elu harus menyesuikannya dengan menambahkan %20 di antara dua suku kata tersebut bray. Perhatikan script HTML berikut bray.
<li><a href='http://talktowrite.blogspot.com/search/label/Linux%20Ubuntu'>Linux Ubuntu Software</a></li>
Cukup mudah bukan bray. Jika hanya satu suku saja label elu, maka tidak perlu untuk menambahkan %20 bray. Langsung tulis saja macem script HTML berikut bray.
<li><a href='http://talktowrite.blogspot.com/search/label/Algoritma'>Algoritma</a></li> 
Perhatikan kata yang gue bolt tersebut bray, tidak ada %20 yang melekat di sana.
Ingat bray, elu harus membuat script tersebut sama persih dengan nama label yang telah elu buat pada Cara Pertama di atas bray. Sama persih!
Jika dirasa elu telah puas menambahkan script label html, elu bisa menyimpannya bray. Jika tidak terjadi kesalahan maka tidak akan keluar sebuah peringatan/pemberitahuan kesalahan bray. Gue harap lancar-lancar saja bray, karena jika gagal atau terjadi kesalahan maka gue kagak mau membantu bray. Simpan dan lihat hasilnya dengan Pratinjau Template atau bisa langsung dengan Lihat Blog / View Blog di pojok kiri atas sebelah kanan logo Blogger bray.

Bejimane hasilnya bray, apa sudah sesuai dengan apa yang elu inginkan bray? Jika tidak sesuai dengan yang elu harapkan berarti kita berbeda jalan bray. Sebaiknya gue buru-buru pergi bray agar elu kagak banyak tanya ama gue, karena gue juka kagak ngarti sama sekali dengan apa yang telah gue tulis bray. Semoga hari elu menyenangkan brya. Yo bay.
 

0 comments:

Post a Comment