Searching...
Wednesday, February 25, 2015

Cara Membuat Sitemap di Blog

Oy bray, kebetulan banget gue mau buat post yang kedua pada hari ini bray. Pada post kali ini gue akan membagikan sebuah ilmu yang gue miliki bray. Gue akan membantu elu untuk membuat sebuah sitemap, daftar isi, menu atau apalah itu pada blog bray. Cara membuat sitemap pada blog yang akan gue ajarkan adalah menggunakan blogspot ye bray. Jadi jika elu kagak menggunakan platform blogspot maka elu bisa meninggalkan blog gue ini bray.

Sebelum terlalu jauh gue ngebacot, alangkah baiknya gue bermukadimah sedikit saja bray. Selain gue ganteng gue juga udah punya cewek bray, berkat gue menjalankan misi di post gue yang sebelumnya bray. Jika elu ingin punya pacar, buru dah elu lihat post gue yang telah sukses mengantarkan gue dapat pacar bray. Ini dia post keren gue bray 6 Langkah Sukses Dapat Pacar

Nah lanjut ngebacot lagi sebelum terlalu jauh bray. Fungsi dari sitemap adalah untuk memudahkan pihak yang membutuhkan blog elu bray. Macem mesin pencari Google, Bing, Yahoo dkk bray. Mesin pencari ntu sangat terbantu oleh sitemap yang ada di sebuah blog ye bray, karena memudahkan mesin pencari untuk terus memelihara post elu yang lama supaya tetap terindeks dengan keren disono bray. Selain mesin pencari juga para pengunjung blog elu bray, mereka akan sangat terbantu karena di blog elu ada sebuah daftar isi bray. Mereka tidak perlu mencari satu demi satu untuk menemukan apa yang mereka ingin cari dan lihat bray. Dah gitu aja mukadimah gue bray.

Blogspot yang beralamat di www.blogger.com adalah salah satu platform web blog pribadi yang gratis dan banyak digunakan oleh para blogger bray. Secara penggunaannya mudah dan ditopang oleh kokohnya perusahaan raksaksa google.inc ye bray. Blogspot juga paling direkomendasikan oleh google untuk para blogger pemula bray. Kalau bukan google siapa lagi bray? Namanya juga barang punya dia sendiri.

Perhatikan dulu script html di bawah ini bray. Jangan lama-lama bray keburu gue kagak jadi ngajarin elu bray. Cukup lihat sepintas saja bray.

<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://talktowrite.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>
Note: Ganti http://talktowrite.blogspot.com/ warna merah dan bolt tersebut menjadi url blog elu bray.

Okray, mari kita mulai menjalankan misi rasahasia ini bray, membuat sitemap di blogspot.  Pertama elu harus login dan menuju daftar isi dari blogger.com bray. Setelah itu segera klik pada Laman bray atau bahasa Chinanya gue lupa apaan itu. Lihat gambar di bawah ini bray.
Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot
Klik Laman --> Laman Baru


Setelah elu klik laman baru, niscaya sebuah lembar tulis akan terpanpang di depan muka elu bray. Untuk membuat sebuah sitemap, elu hanya membutuhkan sebuah script html pendek bray. Lihat script html di atas tadi bray. Ntu silahkan disalin atau copy bray. Tapi ingat, harus dimodifikasi sesuai perintah di atas bray.


Untuk menempatkan script html tersebut, elu harus pilih mode HTML bukan COMPOSE bray. Perhatikan gambar gue di bawah ini bray. 

Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot
Gunakan mode HTML untuk menempatkan script sitemap blog
Jika sudah elu paste script html sitemap yang sudah elu modif maka selanjutnya elu tinggal Publish atau Publikasikan bray. Jangan senang dulu bray, lihat dulu hasilnya dengan view atau lihat sitemap yang baru saja elu buat bray.
Jika hasilnya keren macem punya gue di bawah ini, maka elu telah berhasil bray. Jika tidak macem gambar gue di bawah ini berarti elu gagal bray. I repeat mission is abandoned bray!


Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot
Sitemap yang sukses gue buat di blog bray

Jika post ada yang baru atau elu baru saja membuat sebuah post maka akan secara otomatis akan ditandai dengan sebuah tulisan merah berbunyi new bray. Lihat gambar gue di bawah ini bray.


Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot
Posting baru yang otomatis terupdate di sitemap buatan gue bray

Nah matab kan bray. Jadi jika sitemap elu dilihat pengungjung blog elu maka akan terpacing untuk melihat sebuah post dengan tanda new bray.

Untuk membuat sebuah sitemap yang mantab, elu harus mengikuti prosedur yang agak panjang juga bray. Setelah elu berhasil membuat sitemap, elu harus pergi ke Google Webmasters Tools untuk menambahkan sitemap elu ke Google Webmaster bray. Kenapa gue menggunakan google bukan bing bray? Karena gue ingin mempermudah kerja elu bray. Setelah elu login di Google Webmaster, klik Blog elu bray. Perhatikan gambar gue di bawah ini bray.


Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot


Setelah ntu masuk, klik Sitemap bray. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot


Untuk selanjutnya Klik Add/Test Sitemap bray. Langkah ini untuk menambahkan sitemap blog elu di Google Webmaster bray.

Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot

Setelah keluar pop-up, tambahkan script di bawah ini bray biar lebih varokah bray:

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Perhatikan gambar gue di bawah ini bray.

Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot


Buru dah elu Submit Sitemap bray. Jika tidak terjadi perubahan atau penambahan pada Sitemap, refresh browser elu bray, tekan F5 biar keren bray. Lihat hasilnya udah ada penambahan satu sitemap By Me atau All bray. Jika tidak ada maka elu kurang keren macem gue bray. Lihat nih gambar di bawah ini bray.

Cara mudah membuat sitemap otomatis di blogspot
Nah langkah submit sitemap blog elu di Google Webmaster sudah kelar bray. Jika elu kurang puas dan mau lagi, elu bisa lakukan submit kepada mesin pencari selain google bray, yaitu Bing Webmaster bray. Sekalian aja lakukan sebelum nenek gue berkemah sambil ngeblog bray.

Nah gitu aja bray, cara mudah membuat sitemap blogspot dan menambahkan sitemap di google webmaster bray. Jika elu gagal dan bingung maka jangan tanya gue bray. Elu yang salah nape gue yang nanggung bray. Sebelum elu benar-benar mengalami kegagalan atau kesalahan, alangkah mulianya gue pergi dulu bray. Salam keren dan ganteng dari gue bray. Yo bay.

0 comments:

Post a Comment