Searching...
Saturday, February 21, 2015

Hubungan Memex Dengan Deep Web

Mesin Pencari Memex
Memex: Mesin pencari web tersembunyi
Oy bray, belakangan ini gue lagi seneng baca-baca mengenai Deep Web ye bray. Gara-gara ntu Deep Web akhirnya gue putuskan untuk lebih lama menghuni di Wikipedia.org dan elu tahu bray? Gue juga membuat akun wikipedia.org sebagai tanda terima kasih gue kapada Wikipedia bray.  Gue harap elu juga menyukai ntu website bray.  Walau ada beberapa atikel Bahasa Indonesia mengenai hal yang lebih spesifik mengenai Deep Web, tapi gue masih saja berkecimpung di ntu website bray.  Terakhir gue baca mengenai Golden Ratio bray. Nah ternyata jika elu ingin menjadi arsitek atau seniman baik seniman digital atau yang bukan digital, elu harus menguasai atau setidaknya mengetahui teori Golden Ratio bray. Baca selengkapnya Deep Web dan Golden Ratio di Wikipedia.org bray.

Nah karena judul juga yang memaksa gue untuk mulai masuk membahas mengenai Memex, maka gue akan segera menuliskan apa sih Memex itu bray. Memex ntu mesin pencari ye bray atau pengertian yang gue copy dari Wikipedia.org.  Memex atau singkatan dari "memory extender" atau "memory dan index" adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin pencari atau teoretis yang ia usulkan dalam artikel As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly.  Kabarnya Memex adalah sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang akan menyaingi bahkan melebihi kemampuan yang dimiliki oleh mesin pencari konvensional macem yang ada sekarang ini bray.  Katakanlah itu Bing, Yahoo dan Google bray.  Nah ketiga mesin pencari itu hanya mampu mengindeks sebanyak 4-5% website di seluruh dunia ini bray.  Dalam arti lain bahwa ketiga mesin pencari tersebut tidak bisa menampilkan sisa dari 5% website yang ada di dunia ini atau sebanyak 95% bray.  Nah elu kebayang kagak sih bray, jika internet yang sekarang ini kita anggap telah banyak membantu dan kita sendiri tidak bisa menghitung berapa banyak internet yang kelihatan (Surface Web) ternyata itu hanya 4-5% saja. Lalu kemana yang 95% website di dunia ini? Mereka ada di Deeb Web atau weeb yang tersembunyi bray.

Cukup 5% website yang bisa terindek saja bisa mencari hampir segalanya bray. Mulai dari cara membuat cireng sampai cara membuat anak pesawat bisa kita lihat. Bagaimana jika 95% itu bisa kita lihat juga bray? Mau jadi apa internet dunia ini bray? Apa yang selama ini elu tidak bayangkan bakal ada di internet bray. Mulai dari penjualan organ tubuh hingga penjualan orang setubuh-tubuhnya juga ada bray.  Kebanyakan deep web ini digunakan untuk melakukan tindakan atau aktifitas ilegal bray. Penjualan obat-obat flue terlarang, penjualan senjata api, penjualan barang curian, penjualan hewan yang dilindungi sampai penjualan organ jomblo manusia bray. 

Jika elu bercita-cita ingin masuk ke deeb web atau 95% internet di dunia ini, maka elu akan kesulitan jika tidak menggunakan software bray.  Software yang mendukung agar kita bisa pergi kesana adalah Tor bray. Gue kagak akan membahas Tor itu apaan di post ini bray. Mungkin di post selanjutnya bray.  Dan kabarnya juga bray, deeb web itu ilegal untuk di masuki bray. Jadi berhati-hatilah jika elu ingin mengunjungi ntu deep web bray.  Bisa-bisa rumah elu digrebek ama FPI FBI bray.  Banyak lagi elu membaca bray. Referensi paling gampang adalah ke wikipedia bray dan yang agak berat nyewa atau daftar trial tulisan-tulisan Journal bray.

Memex diciptakan untuk bisa mengindeks dan menelusuri deep web bray.  Kabarnya sih untuk memerangi atau mengungkap jaringan-jaringan gelap bray.  Untung gue udah ga di kerajaan kegelapan bray, jadi gue aman bray.  Elu juga harus buru-buru move on dari bayang-bayang kegelapan mantan bray, biar elu kagak diindeks oleh memex dan dijadikan tersangka penggelapan bray.  Bagi elu yang selama ini berjalan di jalan kegelapan juga harus segera kembali ke jalan yang terang bray.

Gue cuma bisa berharap ye bray, semoga dengan adanya Memex ini, dunia internet yang sering dijadikan perbuatan ilegal di deep web segera diberantas bray.  Jika elu pernah nonton kartun yang berdarah-darah macem The Tree Family atau apalah ntu gue lupa, yang episode true story penjualan organ tubuh, maka elu akan semakin yakin dengan adanya tindak ilegal di deep web bukan menganggap ini hanya sebuah konspirasi bray.

Pesan gue bray:  GUNAKAN INTERNET POSITIP BRAY.

Berikut gue tampilin beberapa ilustrasi deeb web bray.

Visible Web Vs Deep web
Ilustrasi gunung es untuk menggambarkan visible web dan deep web
Credit picture:  http://securityaffairs.co/

Visible Web Vs Deep web
Jika visible web dan deep web maka akan tampak seperti gambar di atas
Credit picture:  http://www.finestdaily.com/

Visible Web Vs Deep web
Berikut ilustrasi sebuah surface web dan deep web bray
Credit picture: http://securityaffairs.co/

Bagi elu yang kurang puas terhadap gambar-gambar yang ada di atas, berikut gue berikan sebuah video documentary dari BBC mengenai Deep Web yang berjudul Inside The Dark Web - Documentary bray. Selamat menyaksikan dan jangan harap gue bubuhkan subtitles Bahasa Indonesia bray.




Udah gitu aja bray, post gue kali ini bray.  Semoga bisa menambah pengetahuan elu bray. Yo bay.

0 comments:

Post a Comment